Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua serah terimakan barang milik daerah MDI/Videotron tahun 2019 dari Pemerintah Provinsi Papua Kepada Kabupaten Biak Numfor yang diterima secara langsung oleh Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap didampingi Kepala Dinas Kabupaten Biak Numfor Salmon Yensenem, di Sasana Krida Kantor Bupati Biak, Rabu (04/12/2019).

Melalui sambutannya, Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Naap menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Papua melalui Dinas Kominfo Provinsi Papua yang telah memberikan satu aset Provinsi Papua kepada Kabupaten Biak Numfor.

“Kami dari Pemda Biak Numfor sangat mengapresiasi dan memberikan ucapan terima kasih karena di tahun 2019 ini kami boleh menerima satu aset Provinsi Papua berupa MDI/Videotron yang di bangun di depan Kantor Bupati Biak”, Ujar Bupati Herry Naap.

Herry Naap juga menjelaskan bahwa selain 1 unit Videotron yang diserahkan dari Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor juga sedang membangun 2 unit Videotron yang akan ditempatkan di depan kantor BPKAD Biak dan di pusat kota Biak.

“Kami juga dari Kabupaten Biak Numfor membangun 2 unit Videotron yang ada di depan kantor BPKAD dan pusat kota dalam rangka mewujudkan Visi Misi Bupati Biak Numfor untuk transparansi pengelolaan keuangan daerah dan berbagai program yang ada di Kabupaten Biak Numfor”, Jelas Herry Naap.

Selain Itu, Herry Naap juga menambahkan, dengan diberikannya 1 unit MDI/Videotron dari Pemprov Papua, dapat menopang dan mempermudah bahkan mewujudkan apa yang menjadi program dari Visi Misi Bupati dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan tetapi lebih dari pada itu transparansi keuangan yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Papua Kansania Salle mewakili Gubernur Papua menyampaikan bahwa penyerahan MDI/Videotron ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Papua untuk melengkapi media informasi luar ruangan yang berbasis teknologi yang dapat digunakan untuk mendefinisikan informasi pembangunan daerah baik itu yang berskala Nasional, Provinsi dan informasi hasil-hasil pembangunan maupun kinerja Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Menurutnya, keterbukaan informasi adalah salah satu instrumen yang digunakan Pemerintah untuk dapat mengawal jalannya pembangunan, didalamnya sangat perlu didukung peralatan media informasi baik yang bersifat tradisional, elektronik dan berbasis teknologi.

“MDI/Videotron merupakan salah satu media luar ruangan yang dapat dimanfaatkan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dan melengkapi perkembangan suatu kota khususnya menjelang PON ke-XX tahun 2020 serta dalam perkembangan berikutnya jika dikelola dengan baik juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan asli daerah dari unsur periklanan”, Tutur Kadis Kominfo Papua.

Kansiana Salle pun menjelaskan, terhitung mulai tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui APBD dapat mengalokasikan dana untuk biaya operasional dan pemeliharaan peralatan.

“Ada garansi untuk peralatan yang lainnya selam satu tahun sejak diserahkan oleh pihak ke tiga kepada Pemerintah Daerah, Bupati dapat menunjuk OPD terkait yang dalam hal ini Dinas Kominfo Biak Numfor untuk mengelola dan memelihara barang ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kita bersama kepada masyarakat karena pembangunan ini dibiayai dari Provinsi Papua”, Jelas Kansiana.

Kansiana pun memberikan apresiasi kepada Bupati Biak Numfor yang telah membangun dua unit Videotron dalam rangka mendukung Visi Misi Bupati Biak Numfor dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan lebih dari pada itu transparansi keuangan yang ada di Kabupaten Biak Numfor. (fs/DT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *