Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan uji coba Pelaksanaan Pendataan Keluarga di Tahun 2020 bekerjasama dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Papua dan juga Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Biak Numfor bertempat di Aula DP3AKB Biak, Selasa (22/10/2019).

Kasubid Pengembangan Sistem Pencatatan dan Pelaporan, Direktorat Pelaporan dan Statistik BKKBN Pusat Rezky Murwanto, S.Kom, M.Ph saat ditemui mengatakan kegiatan uji coba pelaksanaan pendataan keluarga yang dilakukan di 9 Provinsi kali ini merupakan persiapan sebelum melaksanakan kegiatan Pendataan Keluarga yang akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang.

“Kita persiapan uji coba sebelum pelaksanaan pendataan keluarga di tahun 2020. Ada 9 Provinsi uji coba salah satunya Papua. Papua dilakukan uji coba karena memang mewakili daerah Timur dan juga ada kepulauannya, makanya kita uji coba untuk melihat karakteristik masyarakatnya, permasalahannya seperti itu”, Ujar Rezky.

Rezky juga menjelaskan, dari hasil uji coba yang dilakukan kali ini, diharapkan dapat menjadi masukkan pada saat pelaksanaan Pendataan Keluarga tahun 2020.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala DP3AKB Lourens Pattipeilohy menerangkan, DP3AKB Biak Numfor dalam kesiapannya terkait pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2020, pihaknya terus melakukan sosialisasi bagi kader, petugas lapangan bahkan Kepala Distrik dan juga Kepala Kampung yang ada sehingga yang ada dapat mendukung pelaksanaan kegiatan dimaksud.

“Ya, Kepala Distrik, Kepala Kampung maupun kader dan petugas dilapangan yang ada tidak menutup kemungkinan juga kita libatkan instansi terkait dalam mendukung kegiatan ini”, Terang Lourens.

Ia berharap dengan adanya pendataan keluarga di tahun 2020, dapat menghasilkan data yang akurat agar dapat dipergunakan untuk perencanaan pembangunan dimasa yang akan datang.

“Diharapkan datanya 2020 data yang akurat, kelengkapan data yang bisa dipercaya supaya bisa menyusun program-program baik untuk pembangunan di BKKBN maupun pembangunan daerah”, Harap Lourens.

Dilain pihak, Kepala Kampung Rimba Jaya Distrik Biak Timur Yacob Batmorin memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan BKKBN bersama DP3AKB Biak Numfor.

“Saya sambut Positif karena pembangunan suatu Kampung, data sangat penting dan harus valid serta akurat sehingga proses pembangunan tingkat kampung tidak terkatung-katung”, Tukasnya (Fs/Dom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *