Menuju Indonesia Emas 2024 dimana saat ini dan kedepan Indonesia sedang menuju face bonus demografi, yakni dimana usia produktif lebih banyak dari non produktif, Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd mengajak para siswa untuk menyiapkan diri dari sekarang dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal menghadapi yang disebut bonus demografi itu.

Hal ini disampaikan Bupati Herry Naap saat memberikan sambutan HUT ke-37 SMA Negeri I Biak yang dihadiri ribuan siswa serta Kepala Sekolah Ruben Faknik, S.Pd bersama dewan guru dan juga beberapa alumni serta mantan Kepala Sekolah J. Siwabessy dan Andrianus Manbobo, Rabu (09/10/2019).

Dikatakan, manfaat yang diberikan oleh bonus demografi yaitu bisa memajukan perekonomian di negara berkembang menjadi negara maju. Untuk memanfaatkan bonus demografi salah satunya adalah kualitas pendidikan.

“Siapkan diri kalian, tunjukkan prestasi ilmu pengetahuan dan bakat sehingga dapat bersaing menuju Indonesia Emas 2045. Di tahun 2030 ke 2045 kita akan masuk dalam face yang dinamakan bonus demografi yaitu usia produktif 15 tahun hingga dibawah 65 tahun, merupakan jumlah terbesar 70 persen dari kurang lebih 230 juta penduduk Indonesia, ini yang dinamakan bonus demografi, kita juga akan masuk revolusi industri, teknologi informasi atau IT banyak digunakan. Untuk semua siswa, saya harap kalian persiapkan diri dengan cara belajar yang tekun dan memiliki kemampuan lebih sehingga dapat menghadapi tantangan kedepannya”, Imbuhnya.

Menurutnya, untuk menuju Indonesia Emas 2045, dimana ada demografi bagi bangsa ini, pendidikan adalah hal yang strategis dalam pembangunan berkelanjutan.

Selaku orang nomor satu di Biak Numfor pihaknya telah memastikan dalam RPJMD Kabupaten Biak Numfor, bidang pendidikan menjadi sektor prioritas unggulan lima tahun ke depan. Tidak hanya itu, perhatian kepada anak-anak Biak yang sedang menimbah ilmu di luar Biak pun akan dilakukan Pemda dengan membangun pusat-pusat pendidikan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri I Biak Ruben Faknik, S. Pd yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bapak Bupati Herry Naap betul-betul memperhatikan pendidikan yang ada di Biak Numfor.

“Menyangkut pendidikan, Bapak Bupati sangat peduli, kita lihat beberapa waktu lalu ia mengunjungi asrama-asrama Biak yang ada di luar. Nah, ini merupakan suatu bentuk kepedulian ia terhadap dunia pendidikan yang ada, khususnya bagi generasi muda di Biak Numfor”, Pungkasnya. (Dom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *