Sebanyak 158 pengungsi asal Wamena tiba di Lanud Manuhua Biak tepat pukul 10.20 WIT menggunakan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara, Jumat (04/10/2019).

Rombongan pengungsi kloter ke empat dari wamena ini disambut oleh unsur Forkompinda Biak Numfor yakni Danrem 173/PVB Biak Numfor Brigjen TNI Bachman, Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos, Komandan Lanal Biak Kol Laut (P) Budi Darmawan Amran dan para pejabat Koopsau III serta para pejabat Lanud Manuhua.

Dari 158 pengungsi ini terdiri dari 137 orang dewas, 16 anak-anak dan 5 bayi. pengungsi ini akan diberangkatkan kembali ke daerah asal mereka yakni di Lumajang, Jember, Probolinggo, Pasuruan dan juga Madura. Sedangkan untuk pengungsi asal Biak akan diantarkan langsung dengan menggunakan bus milik Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor dan bus milik Lanud Manuhua ke daerah tempat asal mereka di Biak Barat, Biak Utara dan Biak Timur.

Dalam arahannya, Danlanud Manuhua Biak Mengatakan Unsur Forkompinda Biak Numfor akan membantu evakuasi dan akomodasi kepada seluruh pengungsi asal Wamena yang hari ini tiba di Biak.

“Untuk angkutan ke daeraah Bapak dan Ibu sekalian, dilaksanakan melalui udara, laut dan juga darat akan diajukan ke pimpinan. Tidak usah takut karena kami akan memperhatikan masalah akomodasi dan juga kesehatan Bapak dan Ibu sekalian”, Ujar Danlanud.

Para pengungsi berjumlah 111 orang yang berasal dari Jawa Timur, sebelum diberangkatkan mereka akan menginap di Barak Batalyon Paskhas Sarotama Biak sambil menunggu jadwal pesawat Hercules yang akan membawa kembali mereka ke Jawa Timur.

Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor turut memberikan dukungannya kepada para pengungsi asal Wamena dengan memberikan bantuan logistik kepada para pengungsi dan juga pelayanan kesehatan serta menyediakan angkutan bus untuk mengantar pengungsi asal Biak yang akan kembali ke daerah asalnya Biak Barat, Biak Timur dan Biak Utara.

Pemda Biak Numfor memberikan apresiasi kepada jajaran TNI yang telah membantu dalam mengevakuasi para pengungsi asal Wamena. (Fs/Dom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *