Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Biak Numfor diresmikan oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd, Rabu (18/9/2019).

Bupati Herry Naap dalam sambutannya sebelum melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya PTSP mengatakan Pemerintah Daerah mengapresiasi Kantor Kemenag Biak Numfor yang telah menghadirkan PTSP sehingga dapat mempermudah dan mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat sesuai aturan yang berlaku.

“Pemerintah Daerah mengapresiasi Kemenag Biak Numfor dalam membangun kerja sama dengan hadirnya layanan satu pintu sehingga berbagai pelayanan di Kemenag Biak Numfor kepada masyarakat hanya melalui PTSP. Tetapi juga, kinerja untuk merangkul tokoh-tokoh agama di Biak Numfor sehingga kenyamanan, kedamaian dan juga toleransi dapat terjalin dengan baik”, ujarnya.

Tidak hanya itu, Bupati Herry Naap pun berterima kasih kepada Menteri Agama RI dan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Papua dengan dibangunnya sarana Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Distrik Biak Kota.

Dikatakan Bupati, saling menghargai dan menghormati adalah kunci utama terciptanya toleransi. “Para tokoh agama yang ada di Biak Numfor tidak boleh munculkan fanatisme agama untuk memecahbelahkan kebersamaan, tetapi sebaliknya harus memberikan pemahaman tentang arti pentingnya toleransi”, harapnya.

Sebelum itu, Kepala Kantor Kemenag Biak Numfor Asden Naiborhu dalam sambutannya mengatakan PTSP merupakan program strategis di lingkungan Kemenag RI untuk mempermudah pelayanan dari berbagai sektor terkait pelayanan prima bagi seluruh umat beragama di seluruh Indonesia. PTSP Biak Numfor memiliki motto “SIMAMBRI”.

“Motto SIMAMBRI adalah maskot berupa burung Mambruk dengan senyum menyapa, berjengger lima manik-manik berwarna-warni melambangkan lima golongan agama yang ada sebagai pilar perwujudan masyarakat Biak Numfor yang religius, berkarakter dan berbudaya”, jelasnya

Burung Mambruk merupakan burung kebanggaan masyarakat Biak Numfor yang juga digunakan sebagai lambang daerah Kabupaten Biak Numfor.

Setelah peresmian PTSP, dilanjutkan pengukuhan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Biak Numfor periode 2019-2022 dan juga pelantikan pengurus BAZNAS Kabupaten Biak Numfor periode 2016-2021 oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd. (Dom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *